Mobil Esemka Capai 2000 Unit Pesanan

Mobil Esemka Capai 2000 Unit Pesanan - Pembuatan mobil Esemka libatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di 33 titik dan jumlah pesanan dalam hitungan hari sudah mencapai 2000 unit, kata Joko Sutrisno, Direktur Pembinaan SMK, Kemdikbud, hari ini.

Mobil Esemka

"Selama ini mitra pembuatan mobil Esemka sejak 2008 memang dengan usaha kecil. Kami akan jalan terus membuat mobil rakitan Esemka meski banyak yang berwacana dengan mobnas itu," kata Joko.

Dia sendiri optimistis dengan langkah yang ditempuh karena insyaallah tinggal uji ulang dan penyempurnaan lainnya. Soal pesanan yang melonjak dia juga menyikapi dengan positif. "Kalau siswa SMK jurusan otomotif semakin banyak yang membuat mobil maka media belajarnya semakin luas dan SMK nantinya melahirkan lulusan dengan SDM yang trampil," kata Joko

Mobil Esemka 1

Pasalnya SMK yang dibanjiri  pesanan mobil Esemka seperti di Solo, misalnya akan  mendistribusikan pekerjaan ke SMK lain ke berbagai daerah. "Soal mobil Esemka prinsipnya kita akan jalan terus produksi karena memang menjadi media pembelajaran dan tinggal menyempurnakan saja.

Mobil Esemka 2

Senada dengan Joko Sutrisno, usaha kecil yang selama ini bermitra dengan SMK, PT Nasional Motor optimistis mobil-mobil Esemka bisa berseliweran di jalan-jalan utama kota-kota besar karena produksi SMK tidak kalah dengan buatan pabrikan besar.

Mobil Esemka 3

"Kami bahkan bersama siswa SMK I Purwosari, Pasuruan tengah membuat dua unit bus masing-masing kapasitas 50 seat yang tengah di kerjakan kroyokan. Tiga bulan lagi bus selesai dan kirim ke SMK di Bali untuk mobil panggung keliling," kata Priyono, konsultan Otomotif Kemdikbud dari PT Nasional Motor, Jatim.

Selama ini, kata Prijono, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terbatas hanya melahirkan sumber daya manusia (SDM) otomotif maupun beragam prototipe mobil nasional di tanah air. "Tapi sejak 2009 sudah banyak prototipe mobil nasional dilahirkan dari tangan trampil siswa SMK di Malang mulai dari Digdaya 1, Digdaya 2, Rajawali dan tipe-tipe mobil nasional lainnya dengan brand Esemka yang kerap dipamerkan di tingkat provinsi maupun tingkat nasional," ujarnya.

Kalau sudah banyak pejabat yang mau mengganti mobil dinasnya dengan hasil rakitan siswa SMK, maka suatu langkah kemajuan hingga akhirnya benar-benar akan lahir mobil nasional yang diakui seluruh bangsa ini.

Joko Sutrisno menambahkan dengan besarnya minat masyarakat atas mobil Esemka tersebut maka pihaknya optimistis akan melahirkan pelaku UKM otomotif yang besar. "Bukan siswa SMK saja yang pintar merakit, UMKM di Indonesia selama ini sudah teruji membuat berbagai komponen otomotif sehingga sinergi SMK dan industri kecil itulah lahir prototipe mobnas," tegas Joko.

Mobil Esemka 4

Mobil Esemka 5

Mobil Esemka 6

Mobil Esemka 7

Mobil Esemka 8

sumber: bisnis.com/articles/mobil-esemka-pesanan-sudah-capai-2-dot-000-unit