5 Tips Pilihan Camilan Sehat

5 Tips Pilihan Camilan Sehat - Sebagian besar orang pernah merasakan desakan rasa lapar di sore hari. Daripada makanan yang menggemukan, ada pilihan yang lebih sehat. Berikut ini lima camilan yang ramah bagi lingkar pinggang Anda, seperti disitat Times of India, Kamis (29/12/2011).
  1. Buah-buahan kering. Pilihan cerdas pertama ialah kombinasi buah-buahan kering seperti kacang almond, kismis, kurma, dan kranberi yang menyehatkan. Meski kalori yang dikandung camilan ini tidak terlalu rendah, tapi mereka mengandung lemak yang baik untuk jantung. Buah-buahan kering tinggi akan zat besi dan nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan energi serta metabolisme yang lebih sehat. Disarankan, makanlah lima butir kacang almond, satu sendok teh kismis dan kranberi saat perut terasa lapar di sore hari.
  2. Buah. Kupas kulit apel dan potong, lalu sajikan bersama pisang saat perut terasa lapar di sore hari – dua buah itu pilihan sehat sepanjang masa. Jeruk dan anggur juga pilihan yang bagus. Kebanyakan buah mengandung 80 persen air agar Anda tak dehidrasi. Buah juga bebas kolesterol jahat. Pilihan lainnya, stroberi dan ceri memiliki kandungan anti-oksidan tinggi. Sebaiknya, taburkan garam batu di atas sajian buah-buahan Anda untuk penambah rasa.
  3. Oatmeal. Salah persepsi jika oatmeal (tepung havermut) hanya cocok dikonsumsi untuk sarapan. Selain sumber serat yang bagus, oatmeal dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Oatmeal juga mampu mengurangi kolesterol dan risiko penyakit jantung. Selain itu, oatmeal tinggi akan vitamin dan mineral. Untuk rasa yang lebih lezat, Anda bisa menambahkan kismis atau madu di atasnya. Disarankan, tambahkan potongan kacang kenari sebagai topping.
  4. Biskuit atau gandum batang. Untuk rasa yang lebih enak, Anda bisa mengoleskan mayonais atau zaitun. Bisa juga dicampurkan dengan kacang-kacangan kering, havermut, dan madu. Biskuit atau gandum batang kaya akan serat, rendah lemak, dan tinggi protein. Anda bisa celupkan biskuit ke saus salsa.
  5. Salad sayur. Camilan yang satu ini cukup mudah diolah. Siapkan sayur-mayur yang telah diiris dan saus hummus (buncis atau kacang panjang tumbuk yang diberi tetesan jeruk lemon). Atau, tuangkan minyak zaitun di atas sayur-mayur tersebut sebagai pilihan yang lebih sehat. Anda bisa membuat pilihan lain dengan menambahkan krim asam rendah lemak.
sumber: lifestyle.okezone.com/read/2011/12/29/195/548964/lima-camilan-sehat-saat-sore-di-kantor