Ginkakuji Bangunan Unik di Jepang

Ginkakuji Bangunan Unik di Jepang - Saat menyambangi Jepang, sempatkan datang ke bangunan-bangunan unik yang menjadi daya tarik wisatawan. Salah satunya ada di Kyoto, yakni Ginkakuji.


Anda bisa pergi ke Ginkakuji atau Ginkaku-ji yang merupakan sebuah paviliun perak (Silver Pavilion Temple) abad ke-15. Ginkakuji dibangun atas perintah Shogun Ashikaga Yoshimasa (1435-1490) sebagai tempat peristirahatan yang nyaman.


Awalnya, ia ingin meniru kreativitas kakeknya di Kinkakuji. Setelah kematian Yoshimasa pada 1490, fungsi vila atau paviliun diubah menjadi kuil Buddha. Namun, lama-kelamaan tidak terawat dan beberapa bagian bangunan banyak yang hancur di abad-abad berikutnya.

Mungkin agak ironis karena Ginkakuji semula didesain sebagai tempat pameran dan monumen. Namun, kenyataannya malah menjadi contoh bangunan unik di Jepang yang masih bertahan.

Yang bisa dilihat di ruang depan Togu-do (Timur Seeking Hall) adalah sebuah patung yang diyakini adalah Yoshimasa. Ini merupakan tempat Shogun Ashikaga menghabiskan masa hidupnya. Di bagian belakang juga ada ruang untuk tradisi minum teh Dojin-sai. Demikian seperti dikutip Sacreddestinations.

Ginkakuji adalah bangunan sederhana dengan eksterior kayu yang mirip dengan Kinkakuji. Desainnya pun menggabungkan gaya bangunan yang ada di China dan Jepang.

Sebagian besar bangunan di kompleks kuil ini sudah ada sejak abad ke-17, namun pada 1600-an bangunan-bangunan baru mulai dibangun dengan kepentingan dan inspirasi dari shogun.

Tempat pertama yang terabaikan di sekitar paviliun adalah taman kolam hijau. Beberapa komposisi batuan dan tanaman bisa disaksikan dalam perspektif yang berbeda. Yang kedua adalah dua gundukan pasir patung, yang melambangkan Gunung suci Fuji. Jika Anda tertarik, cukup rogoh ¥500 (sekira Rp58 ribu) untuk membayar tarif tiket masuknya.
sumber: travel.okezone.com/read/2012/01/03/409/551164/ginkakuji-bangunan-unik-di-jepang