5 Tips Mengganti Hard Drive

5 Tips Mengganti Hard Drive - Hard Drive Anda tiba-tiba saja bermasalah. Padahal Anda tidak membuat file cadangan? Anda mungkin panik karena merasa tidak memiliki keterampilan untuk memperbaikinya.

5 Tips Mengganti Hard Drive
ilustrasi

Tidak perlu cemas. Dalam kondisi darurat seperti itu, hal pertama yang perlu dilakukan ialah memeriksa disk atau motor yang belum rusak. Sebab, problem pada hard drive seringkali terjadi di papan kontroler atau PCB (printed circuit board, PCB) akibat lonjakan listrik atau drive terlalu panas.

Ketika PCB bermasalah, sinyal terkadang hilang. Oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan langkah-langkah berikut ini.
  1. Lihat spesifikasi detil. Jika PCB bermasalah, segera ganti dengan yang baru. Sebelumnya, catat nomor model produk (di bawah S/N), P/N, kode firmware, kode tanggal, kode site, dan main controller IC. Letaknya di bagian chip tengah, di antara PCB. Lalu, temukan kode enam digit di bagian atas kata SEAGATE.
  2. Cari produk secara online. Pergi ke hdd-parts.com untuk membeli produk hard drive terbaru. Lalu masukkan model drive yang rusak atau mati. Kodenya biasanya ada 11 digit, dua baris dari bawah ke atas drive. Cari hasilnya di boks pencarian.
  3. Cek produk. Pengiriman drive baru biasanya memakan waktu sekitar enam sampai sepuluh hari kerja melalui pos. Ketika barang datang, periksa petunjuk instalasi.
  4. Ganti PCB lama. Di atas PCB Anda akan melihat lima sekrup yang terhubung ke hard drive. Lepas menggunakan obeng dalam kit. Pastikan sekrup tersebut tidak hilang atau tercecer. Kemudian hati-hati ketika mengeluarkan PCB lama dengan yang baru dan sekrup kembali dengan kuat.
  5. Coba drive baru. Nyalakan komputer. Koneksikan hard drive ke dock, lalu plug itu ke komputer. Kini Anda bisa mengakses file yang dibutuhkan dan menyalinnya ke komputer.

sumber: mediaindonesia.com/mediagadget/index.php/read/2011/11/20/2616/7/Cara-Mengganti-Hard-Drive-Bermasalah