MAZDA CX-5

MAZDA CX-5 merupakan jagoan baru Mazda Motor Indonesia (MMI) tahun depan. Dengan harga kompetitif yang bersaing dengan rivalnya yang juga bertampang gagah crossover, Honda CR-V serta Nissan X-Trail. Mazda CX-5 ini merupakan adik dari CX-7 yang rencananya akan hadir di Indonesia mulai tahun depan.

CX-5 mengusung terobosan terbaru dari Mazda yaitu SKYACTIV technology dan prinsip design "KODO-Soul of Motion". Kodo-Soul of Motion terinspirasi dari gerakan cepat yang dimiliki seekor cheetah. Garis desain yang mengalir khas dari Mazda dan performa yang menyenangkan.
Teknologi ini bertujuan untuk efisiensi penggunaan bahan bakar dan memperbaiki kualitas emisi yang dihasilkan tanpa mengurangi kesenangan pengemudi dan penumpang dalam berkendara.
Mazda berhasil mengembangkan teknologi anti-knocking atau ngelitik untuk mesin dengan kompresi tinggi yang mencapai 14,0:1, meskipun pakai bahan bakar oktan rendah. Sehingga saat menggaplikasianya di kendaraan cukup dengan menginjak gas sedikit, mesin pun mulai mengalirkan tenaga ke transmisi.

Transmisi mobil ini dilengkapi lima tingkat percepatan. Dengan teknologi SkyActiv-Drive, dapat memberi respon cepat saat menerima tenaga dari mesin yang diteruskan ke roda tanpa adanya jeda. Dari sistem yang saling mendukung ini menjadikan CX 5 sebuah kendaraan yang responsif dengan tingkat efisiensi tinggi.

Memiliki dimensi panjang 4.540 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1670 mm  dan wheelbase 2.700 mm.
Diklaim memiliki bobot paling ringan dan aerodinamis di kelasnya. Kapasitas bagasinya mencapai 500 liter.

Mobil ini akan mengusung mesin 2.000 cc berteknologi SkyActiv-G (Gasoline), yang mampu menghasilkan tenaga 165 hp dan torsi 210 Nm untuk diniagakan di Indonesia. Ditambah teknologi I-Eloop Braking System, sebuah pengembangan sistem pengereman sehingga kendaraan dapat berhenti dengan aman.

Bagian kabinnya sangat ergonomis sehingga keamanan dan kenyamanan dalam berkendaraa adalah sebuah janji yang diberikan Mazda. Namun demikian Mazda masih merahasiakan rincian kapan pastinya CX-5 ini akan beredar di pasaran Indonesia, termasuk juga berapa kisaran harga jualnya.
sumber: suaramerdeka.com/v1/index.php/read/otomotif/2011/12/23/21/Preview-Mazda-CX-5-