4 Cara Jaga Kebersihan Sikat Gigi

Menjaga kesehatan gigi dan gusi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai memperhatikan jenis makanan, melakukan cara menyikat yang tepat, sampai memelihara kebersihan sikat gigi.
Untuk kebersihan sikat gigi, apakah anda sudah rutin melakukannya..? Higienitas sikat gigi tak bisa dinomorduakan. Karena bulu sikatnya yang halus bersentuhan langsung di permukaan gigi.

Berikut tips mudah menjaga sikat gigi dari drg Yelianto Kusumo Spesialis Orthodonsi.

  1. Bersihkan sikat gigi dengan air bersih dan mengalir. Aliran air akan menyingkirkan bakteri dari celah bulu sikat. Untuk mencegah kerusakan bulu sikat, cukup bersihkan dengan jari

  1. Bila sikat masih basah, hindari menutup sikat dengan helm (atau penutupnya) karena akan menyebabkan munculnya jamur. Kondisi yang lembab bukankah disukai bakteri..?

  1. Letakkan sikat gigi di wadah yang bersih, punya celah udara dan cahaya, dan cukup tertutup. Tempat ini ideal bagi penyimpanan yang bebas bakteri dan serangga

  1. Penggunaan cairan disinfektan diperbolehkan selama terdapat petunjuk : Aman untuk penggunaan dalam. Karena bisa jadi, saat anda menggunakan cairan disinfektan yang hanya untuk penggunaan luar akan menyebabkan iritasi di rongga mulut bila masih tersisa cairannya di bulu sikat. (sumber:SS)
Itulah sekelumit wawasan tentang 4 Cara Jaga Kebersihan Sikat Gigi, semoga bermanfaat.