Hacktivist Anonymous Serang Situs Panduan Hukum Federal AS

Anonymous Serang United States Sentencing Commission Amerika Serikat

Selama beberapa tahun ini, serangan-serangan hacktivist Anonymous sering membuat gempar penduduk dunia maya. Untuk saat ini, sasarannya adalah situs salah satu lembaga pemerintahan di Amerika Serikat, United States Sentencing Commission, yang tak lain merupakan lembaga federal independen yang bertanggung jawab dalam memberikan panduan tentang pengadilan federal di Amerika Serikat.


VOA News (26/01) melansir bahwa Anonymous berhasil meretas situs U.S Sentencing Commision yang beralamatkan di "Www.Ussc.Gov" dan akan mempublikasikan dokumen-dokumen rahasia negara secara online. Hal tersebut mereka lakukan sebagai penghormatan dan 'hukuman' buat pemerintah Amerika Serikat.

Penghormatan dimasudkan atas Aaron Swarzt, yang tak lain adalah salah satu orang yang ikut berjasa dalam menciptakan teknologi RSS dan jejaring berita Reddit. Dia didakwa sekaligus dijatuhi hukuman sekitar 35 tahun penjara karena telah meretas jutaan artikel rahasia serta jurnal layanan distribusi JSTOR.


Dalam halaman awal situs tersebut, pihak Anonymous tak lupa meninggalkan pesan pendek berbunyi, "A line was crossed."

Dalam pesan yang juga disertai pesan video itu, Anonymous seperti mendeklarasikan perang terhadap pemerintah AS. Kelompok hacker itu juga seperti balas dendam atas kematian aktivis internet Aaron Swartz.

"Dengan kematian Aaron, kami tak bisa menunggu lebih lama lagi," tulis Anonymous. "Waktunya telah tiba bagi mereka untuk merasakan ketidakberdayaan dan takut akibat dipaksa ke sebuah permainan yang menyudutkan mereka," tulis Anonymous.

Mengapa Anonymous menyerang lembaga ini? Menurut Anonymous, USSC dianggap simbol ketidakadilan dan cocok dijadikan sasaran.

"Panduan hukum federal memungkinkan aparat hukum berlaku tidak adil ke warga seharusnya memiliki hak yang dijamin secara konstitusi," tulis Anonymous. "Ini bukan satu-satunya aset pemerintah yang kami kendalikan, dan kami sudah berlatih untuk mengendalikan ini untuk beberapa waktu," lanjutnya.

USSC pun menjadi awal dari misi yang dinamakan Anonymous "Operation Last Resort". Selanjutnya, Anonymous akan menanam sejumlah 'peledak' (warhead) di sejumlah sistem yang sudah dikendalikan, yang disebut "compromised system". Anggota Anonymous pun diminta untuk menyebarkan file "primed, armed, and quietly distributed to numerous mirrors" (jadi prioritas, 'dipersenjatai', dan disebar ke sejumlah situs sejenis).

Daftar situs yang menyimpan file untuk diunduh itu pun jadi tautan di bawah pesan 'deklarasi perang' Anonymous. Tapi Anonymous tidak menjelaskan file apa yang dimaksud.

Video Serangan Anonymous di Situs USSC




sumber: liputan6, merdeka, youtube